“Berteman Lewat Facebook”

Galeri

Berawal dari facebook baruku
Kau datang dengan cara tiba-tiba
Bekas kekasih yang lama hilang
Satu dari kekasih yang terbaik

*courtesy of LirikLaguMyFacebook-gigi

Source: http://liriklaguindonesia.net/g/gigi/gigi-my-facebook/#ixzz1ast3SHrY

Saat ini kata jaringan sudah tidak asing lagi diteliga kita. Sering kali kita mendengar kata jaringan yang dimana kita langsung memikirkan jaringan internet, jaringan telepon, jaringan listrik, jaringan perdagangan narkoba, jaringan FBI, jaringan preman dan banyak lagi. Jaringan dapat pula terjadi dalam berbagai aspek kehidupan seperti dalam praktek organisasi, pengedar narkoba, jaringan perdagangan, serta jaringan teknologi informasi atau biasa pula disebut Information and Comunication Teknologi disingkat ICT.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menciptakan banyak terobosan-terobosan baru disegala bidang. Setiap inovasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut telah banyak digunakan dan semakin memudahkan bagi para penggunanya. Bentuk teknologi informasi dan komunikasi yang sangat menonjol dewasa ini adalah teknologi internet. Dimana perkembangan bentuk sistem komputerisasi mulai dari PC (personal computer), hingga ke laptop. Selain itu, terdapat juga telepon genggam (ponsel), radio dan televisi. Dalam percakapan keseharian, apabila kita berbicara mengenai teknologi informasi, tidak jarang bahwa yang dimaksud adalah teknologi internet. Demikian juga sebaliknya, sehingga apabila kita berbicara mengenai pemfungsian teknologi informasi dalam konteks masyarakat, maka kita dapat menemukan bahwa pemaknaan dan pemahaman masyarakat mengenai teknologi informasi di dominasi oleh perkembangan dan penggunaan internet. Hal ini dalam perspektif sosial teknologi mengindikasikan bahwa di tengah masyarakat telah terbangun suatu rezim teknologi internet (rezim internet).

Dalam kehidupan sosial saat ini, banyak kalangan yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media untuk menjalin jaringan sosial. Teknologi internet merupakan teknologi yang menghantarkan pada sebuah proses pembentukan jaringan sosial. dalam dunia internet ada banyak situs yang merupakan situs pembentukan jaringan sosial. diantaranya adalah  Friendster, Yahoo, Plurk, MySpace, MultyPly, WordPress, Blogger, Netlog, Twitter, Facebook dan masih banyak lagi. Situs yang tersebut merupakan situs yang paling banyak dikunjungi oleh penduduk di dunia. (Wikipedia, 2009).

Teknologi internet dalam situs jaringan sosial memungkinkan setiap orang dapat berkomunikasi secara interaktif mengenai banyak hal seperti pendidikan, bisnis, hiburan, bahkan yang berbau seksual secara online. Menurut Tjiptono dan Santoso (2001) dalam hal daya tarik teknologi internet, internet menawarkan kemampuan berkomunikasi secara elektronik seperti via e-mail, Twitter, Facebook, Chatting dan lain-lain yang relatif mudah dan murah selama 24 jam.

Komunikasi via internet banyak digunakan oleh semua kalangan, mulai dari kalangan civitas akademika, anak sekolah, pebisnis, pemerintahan, elit politik, anak muda dan lain-lain untuk berkomunikasi secara global di internet. Banyak jenis aplikasi jaringan sosial yang ditawarkan dalam dunia digital tersebut yang dapat menghubungkan kita secara global, seperti e-Mail, Chatting, Friendster, E-Blog, Facebook dan lain-lain.

Website jaringan sosial yang pertama muncul adalah classmates.com, Yang mulai pada tahun 1995. Situs lain yang mengikuti adalah sixdegrees.som, yang berdiri pada tahun 1997, ciao.com, dooyoo dan toluna. Situs berbentuk jaringan sosial secara luas digunakan masyarakat untuk berbagai kepentingan dan menjadi populer sekali pada tahun 2002, dimana didirikan sebuah situs yang bernama friendster.com, dimana sudah lebih dari puluhan juta orang memasuki situs ini dan menjadi anggota dari jaringan sosial ini. Sekarang ini, ada lebih dari 200 site yang ada di internet yang merepresentasikan jaringan sosial, seperti Tagged, Yahoo 360°, blogging, multiply, dan lain-lain.

Hal yang menarik yang ditawarkan dalam dunia internet adalah situs jaringan sosial yang baru-baru ini muncul adalah Facebook. Sama seperti situs jaringan sosial lainnya, facebook merupakan sarana pertemanan dalam dunia internet tetapi berbeda dengan situs jaringan sosial lainnya, dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan situs jaringan sosial yang ada dalam dunia internet.

Situs jaringan sosial Facebook telah banyak digunakan oleh kalangan civitas akademika di unhas khususnya mahasiswa fisip unhas. Penggunaan situs ini didasari dengan berbagai latar belakang dan keinginan untuk bergabung dalam situs tersebut. Ada yang bergabung karena ingin memperbanyak teman, mencari teman lama, mencari pekerjaan, membuka relasi, mencari dukungan, mempromosikan prodak, dan lain-lain.

Lebih dari seratus juta warga dunia kini keranjingan dengan jaringan sosial di dunia digital, Facebook.com. Lewat situs ini pengguna dapat memperluas pertemanan lintas benua, bahkan kembali ”bertemu” dengan kawan-kawan atau pacar lama yang tidak terlihat lagi seusai perpisahan sekolah. Bahkan presiden AS Barack Hussein Obama bahkan memanfaatkan situs ini sebagai salah satu cara untuk meraih dukungan dalam Pemilihan Presiden AS, tahun lalu. Inilah buah karya Mark Elliot Zuckerberg, seorang keturunan Yahudi AS, yang merupakan salah satu dari tiga pendiri Facebook.

Awal Januari 2009, Facebook mencatat sejarah baru untuk situs jaringan sosial di internet. Dengan bangga Facebook mengumumkan pencapaian baru penggunanya, ada 150 juta account pengguna Facebook di internet seluruh dunia termasuk Antartika. Hampir setengah dari jumlah tersebut mengakses Facebok setiap harinya. Jika diibaratkan negara, Facebook adalah negara berpenduduk ke-8 terbanyak di dunia. Sedangkan pengguna Friendster saat ini hanya baru mencapai 95 juta pengguna. (www.okezone.com diakses 27 Februari 2009).

Kelebihan dari Facebook jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi komunikasi di dunia digital memang sangat berbeda. Pakar teknologi informasi “Dr Linda M Gallant, Asisten Profesor dari Emerson College, Boston, (kompas, 28 Feb 2009) memberi penjelasan, bahwa

”Situs internet umumnya menyajikan informasi dan para penjelajahnya hanya menerima apa adanya. Sekarang ini para penjelajah ingin berpartisipasi sebagai pengisi situs. Facebook memenuhi hasrat itu.”

Salahsatu ketertarikan facebook sebagai situs pertemanan, karena mempunyai fasilitas chat yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana mengobrol atau berbincang-bincang melalui facebook secara online atau langsung.

Situs Mashable (The Social Media Guide) menyatakan, desain Facebook lebih enak dilihat dan dijelajahi serta menawarkan hal-hal yang lebih riil. Sebagai contoh, Facebook menawarkan orang lain yang kira-kira Anda kenal untuk di-add (ditambahkan) jadi teman. My Space juga menyodori Anda beberapa teman, tetapi termasuk menyodori orang-orang dari negeri antah berantah menjadi teman.

Facebook melanda Indonesia. Dalam kurun waktu lima bulan, lebih dari satu juta masyarakat Indonesia menjadi pengguna komunitas Facebook yang bercokol di dunia internet. Cara bergabung dengan Facebook pun sangat mudah. Hanya dengan mengklik Daftar dan mengisi form yang disediakan, kita sudah bisa menjadi bagian dari komunitas Facebook.

Menurut sebagian besar masyarakat yang mengaku sebagai pengguna Facebook, ada banyak keuntungan jika tergabung dalam komunitas jejaring sosial internet ini. Sebagaimana motto yang ditampilkan pada halaman pembuka, Facebook membantu Anda berhubungan dan berbagi dengan orang-orang dalam kehidupan Anda.

Tak hanya sekedar mencari teman, Facebook juga dapat digunakan untuk mendownload foto, bermain game on line, sampai memasarkan produk atau event yang ingin diselenggarakan. Bahkan bagi anak-anak muda saat ini, rasanya tidak gaul bila tidak ikut daftar jadi anggota komunitas Facebook.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan di Bercelona yang dilansir dalam situs okezone.com menemukan bahwa, pengguna Facebook pada umumnya menghabiskan waktunya 30 menit perhari untuk melihat status teman jaringan mereka. Dalam hasil riset tersebut ditemukan pula bahwa para pengguna Facebook menghabiskan waktu mem-browsing Facebook setidak-tidaknya selam 24 menit dalam satu hari melalui ponsel, sedangkan saat menggunakan komputer/laptop mereka mampu menghabiskan waktu 27,5 menit dalam sehari. Data ini meunjukkan perilaku para pengguna Facebook tidak mengalami perbedaan yang sangat signifikan, baik pengguna Facebook dengan menggunakan ponsel ataupun pengguna Facebook dengan menggunakan komputer/laptop (www.okezone.com di akses tanggal 23 Februari 2009).

Ketika saya berada di kampus fisip unhas, saya melihat disetiap sudut kampus, kantin, dan tempat-tempat tertentu yang mendapat jaringan wireless khususnya di fisip unhas, banyak mahasiswa yang sibuk dengan laptopnya sendiri. Entah sementara mengerjakan tugas perkuliahan atau sekedar bermain game. Setelah saya telusuri dengan beberapa teman mahasiswa dengan berbagai pangamatan, ternyata banyak mahasiswa yang sibuk mengkases situs Facebook sebagai situs pertemanan mereka. Bahkan pada saat sibuk mengakses situs Facebook bahkan tugas pokok sebagai mahasiswa yakni mengikuti perkuliahan dapat lupakan dan lebih memilih untuk tetap duduk di depan laptonya untuk sibuk mengkases Facebook.

Facebook pun melandah Hampir semua Mahasiswa Universitas Hasanuddin (UNHAS) yang mempunyai alamat e-mail dan mengerti tentang teknologi internet dan mengetahui aplikasi facebook telah berpartisipasi dan memanfaatkan situs pertemanan jaringan sosial tersebut. Di dukung dengan fasilitas Wi-fi yang disediakan oleh pimpinan univeritas dengan teknologi nir-kabel (Wireless technology), mahasiswa tidak perlu lagi repot-repot ke warnet untuk mengakses situs jejaring sosial tersebut. Ditambah untuk masuk dalam jaringan internet dengan ketersediaan fasilitas tersebut free tanpa harus membayar, mahasiswa unhas, alumni dan beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya memanfaatkan fasilitas tersebut untuk bisa masuk kejaringan internet dan mengakses situs jaringan sosial Facebook tersebut.

Timbul trend pada kalangan mahasiswa unhas bahwa situs jaringan sosial seperti Friendster sudah tidak laku lagi dan digantikan dengan situs baru dengan layanan aplikasi yang sangat menarik yang ditawarkan oleh Facebook. Di sela-sela perkuliahan atau tidak ada kegiatan, sebagian mahasiswa mengisi waktu dengan bermain Facebook.

Harapan-harapan yang diharapakan dalam situs jaringan sosial facebook yang sesuai dengan motto Facebook membantu Anda berhubungan dan berbagi dengan orang-orang dalam kehidupan Anda” adalah untuk memperluas pergaulan dan pertemanan antar benua secara global. Mahasiswa unhas memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mencari dan bertemu dengan teman lama, misalnya teman SD, SMP, SMA, mantan pacar, mencari jodoh, membentuk komunitas-komunitas, atau sekedar ingin memnafaatkan fasilitas tersebut tanpa ada tujuan yang jelas hanya karena mengikuti trend semata.

Berangkat dari latar belakang di atas, bahwa situs pertemanan jejaring sosial Facebook tersebut menjadi pilihan mahasiswa fisip unhas sebagai sarana pertemanan.  Tetapi apakah fasilitas tersebut dimanfaatkan dan memberikan dampak positif pada kehidupannya bahkan mendukung prospek kehidupan seperti karir, pendidikan, usaha, jodoh dan lain-lain. Kita lihat saja nanti.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s